INDEKS TENDENSI KONSUMEN KALIMANTAN TIMUR* TRIWULAN II TAHUN 2015
Jadwal Rilis :
Ukuran File :
Hit :
Abstraksi
A. Penjelasan
Umum
- Indeks Tendensi
Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan ekonomi konsumen terkini yang
dihasilkan Badan Pusat Statistik melalui Survei Tendensi Konsumen (STK). ITK
merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan
berjalan dan perkiraan triwulan mendatang.
- Jumlah sampel STK
pada triwulan II-2015 sebanyak 327 rumah tangga di provinsi Kalimantan
Timur yang berasal dari Berau, Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Responden STK sejak triwulan I-2015 dipilih pada strata blok sensus kategori
sedang dan tinggi berdasarkan “wealth index” dan merupakan subsampel dari Survei Sosial Ekonomi
Nasional (Susenas) khusus di daerah perkotaan. Pemilihan sampel dilakukan
secara panel antartriwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai
perubahan persepsi konsumen antar waktu. Pada saat yang sama juga dilakukan
penyempurnaan kuesioner dan cara penghitungan indeksnya.
B. Kondisi Ekonomi Konsumen Triwulan II-2015
- Indeks Tendensi
Konsumen (ITK) di Kalimantan Timur pada triwulan II-2015 sebesar 107,40 yang berarti
bahwa kondisi ekonomi konsumen meningkat dibanding triwulan sebelumnya. Peningkatan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan II-2015 sebagai dampak
dari meningkatnya pendapatan, konsumsi rumah tangga serta kurang berpengaruhnya
tingkat inflasi terhadap pengeluaran rumah tangga secara keseluruhan. Sedangkan tingkat optimisme konsumen meningkat
dibandingkan triwulan sebelumnya (nilai ITK sebesar 101,03).
C. Perkiraan Ekonomi Konsumen Triwulan III-2015
- Nilai ITK Kalimantan Timur pada triwulan III-2015
diperkirakan sebesar 109,00 yang dapat diartikan bahwa kondisiekonomi konsumen akan lebih baik dibandingkan triwulan II-2015. Sedangkan tingkat optimisme konsumen diperkirakan naik
1,60 poin dibandingkan triwulan sebelumnya.